Senin, 09 Januari 2023

KBMN Gel.28 Nostalgia berujung Bahagia

Pertemuan ke-1 Kelas Belajar Menulis Gelombang 28

Pertemuan pertama kelas belajar menulis pun dimulai. Kali ini dipimpin oleh sang moderator, Pak Dail Ma'ruf, M.Pd. dengan sang narasumber hebat Pak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. yang akrab dipanggil Om Jay. 
Pak Dail memberikan arahan dengan sangat apik kepada peserta di grup. Beliau menyampaikan langkah demi langkah yang harus ditempuh para peserta belajar menulis. Berikut ini paparan langkah-langkahnya:
1. Niatkan untuk mengikuti materi dengan ikhlas
2. Luangkan waktu untuk menyimak, bertanya dan buat resume
3. Postingkan resume di Blog
4. Kumpulkan link resume yang telah di-upload di Blog pada tautan/form pengumpulan resume yang ada di deskripsi grup KBMN 28
5. Kirimkan juga tautan/link blog tersebut di grup KBMN
6. Saling kunjungi Blog/Blog Walking = saling memberi komentar

Berlanjut ke Materi yang disampaikan oleh Narasumber, Om Jay. Materi hari ini tentang "Menulis Setiap Hari". Sebelum memberikan materi Om Jay memperkenalkan diri beliau dengan membagikan beberapa tautan sebagai berikut. 
1. Channel Youtube
https://YouTube.com/wijayalabs
2. Blog
https://wijayalabs.wordpress.com
https://wijayalabs.blogspot.com

Di samping itu beliau juga membagikan tautan salah satu postingan beliau yang berkaitan dengan materi hari ini. Kalian bisa melihatnya di sini http://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html

Saya menandai beberapa kalimat mantra/motivasi dari Om Jay sebagai berikut. 
1. "Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain."
2. "Bila anda rabun membaca, maka anda akan lumpuh menulis."
3. "Kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain. Atau merasa tulisannya yang paling hebat. Padahal di atas langit ada langit. Kita harus melepaskan baju kesombongan kita."
4. "Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai."
5. "Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika anda menulis dengan hati."
6. "Dengan menulis dengan hati, maka akan bertemu dengan hati."
7. "Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu."
8. "Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Makanya kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi."
9. "Menulis setiap hari itu harus ikhlas. Hanya memberi tak harap kembali. Bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang."
10. "Hidup seperti orang berjalan di trotoar. Harus hati-hati melangkah. Begitu juga menulis setiap hari. Berpikir sebelum memposting itu penting."

Om Jay juga menyampaikan kalimat terkait pembuatan resume, bisa jadi membantu bagi kalian yang akan membuat resume berikut ini. 
"Menulis resume itu mudah. Namun idealnya 500 kata. Supaya bila dirajut menjadi buku akan terlihat enak dibaca. "

Niat bernostalgia dengan kelas belajar menulis ini. Ternyata mengamati seperti ini terasa kembali ke masa itu. Sampai tidak terasa satu tulisan ini jadi, memberikan kebahagiaan tersendiri. 
Kalian penasaran kelanjutan cerita dari kelas belajar menulis, ikuti terus ya. Semoga selanjutnya kalian bisa bergabung dengan kelas ini juga. 

Cimareme, 9 Januari 2023
Gina Dwi Septiani

7 komentar:

  1. Mantap, ulasan yang hebat, singkat dan padat dan syarat makna

    BalasHapus
  2. saling membaca antar blog teman memang seru, smoga kita sama-sama lulus di KBMN 28 ini y. yang menjadi PR adalah bagaimana terbitkan buku solo... saling semangat dan menyemangati

    BalasHapus
  3. Luar biasa, uraian resumenya singkat, padat dan jelas

    BalasHapus
  4. Mantaaap bu,ternyata tulisannyabdah bannyaak ya

    BalasHapus